Oleh : Salman
Konflik dengan pemerintahan dan bentuk perlawanannya
Setelah Masa Pakubuwono VII datanglah masa dimana hubungan Ronggowarsito dengan pemerintahan kurang berjalan dengan baik. Yang pertama ialah masa Pakubuwono VIII yang mana pada sat itu diketahui terdapat upaya penggulingan Pakubuwono VII oleh Pakubuwono VIII dengan memfitnah dukungan perang Diponegoro oleh Pakubuwono VII. Pada masa Pakubuwono IX hubungan Ronggowarsito kurang baik karena hasutan dari Belanda bahwa Mas Pajangswara (Ronggowarsito II), ayah Ronggowarsito membocorkan hubungan Pakubuwono VI dengan Diponegoro sehingga membuat Pakubuwono VI terbunuh oleh Belanda. Dari situlah muncul konflik antara Ronggowarsito dengan Kerajaan. Keregangan dengan kerajaan sebenarnya sudah dirasakan pada masa Pakubuwono V dimana Pakubuwono V merasa tidak nyaman dengan perilaku Buminoto yang selalu membujuk untuk menaikkan pangkat Ronggowarsito.
Salah satu konflik dengan Kerajaan diperlihatkan dimana Pakubuwono IX menuduh Ronggowarsito salah dalam ramalannya mengenai anaknya (yang akan menjadi Pakubuwono X kelak). Ronggowarsito menyatakan bahwa dalam ramalannya anak ini akan lahir hayu (yakni membawa kamakmuran bagi sekitar). Pakubuwono IX mengira bahwa anaknya akan terlahir ayu (perempuan), hal ini membuat Pakubuwono IX melakukan tapa dan puasa 10 hari berturut-turut dan meminta kepada Allah untuk melahirkan seorang Putra. Setelah lahir seorang putra akhirnya Pakubuwono IX menyalahkan ramalan Ronggowarsito dan menganggap ramalan Ronggowarsito keliru. Konflik pada masa ini juga diwarnai dengan adudomba internal kerajaan, penyingkiran Abdi Dalem, pemilihan bupati berdasar besaran upeti, dan intervensi Belanda terhadap pihak Keraton.
Karena konflik yang ada dan suasana pemerintahan pada masa itu Ronggowarsito melahirkan karya-karya yang bersifat kritik dan politis. Salah satu karya Ronggowarsito yang paling fenomenal ialah Serat Kalatidha yang ditulis pada tahun 1860 di masa Pakubuwono VIII. Serat Kalatidha inilah yang kemudian masih dipakai sampai sekarang dan popular dengan istilah “Jaman Edan”. Pada serat ini digambarkan bahwa suasana negara hancur akibat meninggalkan aturan lama. Sebaik-baiknya orang yang ada dalam pemerintahan dan cendekiawan yang ada akan hanyut dalam arus jaman edan. Selain Serat Kalatidha terdapat Serat Sabda Jati yang menyatakan 8 hari menuju kematian sang Pujangga. Sebagian orang menyatakan Ronggowarsito meramalkan kematiannya, sebagiannya lagi beranggapan bahwa Ronggowarsito mengetahui adanya konspirasi Belanda yang akan dilaksanakan 8 hari kemudian. Serat Sabda Jati berisi mengenai Jaman Edan dimana banyak orang berhati sesat, tidak setia, dan melanggar peraturan.
Suro Diro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti
Serat Ajipamasa atau Serat Witaradya merupakan salah satu serat yang berkaitan dengan pemerintahan. Pada serat inilah muncul ungkapan “Suro Diro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti” yang sampai saat ini populer dan menjadi pegangan orang Jawa. Banyak kalangan pada umumnya berkesimpulan bahwa ungkapan ini lebih berisi pada pengajaran etika moral dan tata susila orang Jawa. Penulis berkesimpulan bahwa terdapat hal lain yang hendak disampaikan pada ungkapan ini, untuk itu penulis akan memaparkan isi dan teks untuk mengupas lebih lanjut konteks lain dari serat ini.
Serat ini menceritakan tentang perjalanan Citrasoma, yang merupakan Putra Mahkota Prabu Ajipamasa dari Negara Witaradya yang berkeliling mencari ilmu. Dalam serat ini diceritakan bahwa semasa Pangeran Citrasoma muda, ia tertarik dengan Istri Tumenggung Surolathi yang bernama Nyai Pamekas. Ketertarikan ini membuat Citrasoma gelap mata dan menyelinap ke dalam rumah Nyai Pamekas ketika Tumenggung Surolathi tidak di rumah.
Melihat perlakuan Citrasoma dan posisi Nyai Pamekas sebagai bawahan ia hanya bisa menolak dengan halus segala paksaan dari Citrasoma. Karena Citrasoma terus memaksa maka pada akhirnya Nyai Pamekas menggunakan siasat lain untuk menolak Citrasoma. Nyai Pamekas meminta kepada Citrasoma untuk menidurkan seluruh yang ada di sekitar kediamannya agar tidak ada yang bisa melihat mereka berdua. Dengan kesaktiannya Citrasoma mampu membuat seluruh orang tertidur, Nyai Pamekas kemudian mengatakan bahwa ada satu yang masih belum tidur, yakni Allah yang selalu menyaksikan kita. Mendengar itu Citrasoma tersadarkan akan nafsu butanya dan kemudian pergi meninggalkan Nyai Pamekas.
“Ungkapan Suro Diro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti” terdapat dalam salah satu bait dalam pupuh Kinanthi dari serat Witaradya. Serat tersebut dilantunkan dengan tembang kinanthi dan berbunyi sebagai berikut :
Jagra angkara winangun
Sudira merjayeng westhi
Puwara kasub kawasa
Sastraning jro wedha muni
Suro diro joyoningrat
Lebur dening pangastuti
Arti :
Orang yang karena keberanian dan kesaktian yang tidak pernah terkalahkan,
akhirnya tidak kuat memegang kekuatan dan kekuasaan,
sehingga tumbuh sifat angkara (kebencian, kemarahan, keras hati),
dan disampaikan dalam kitab,
sifat angkara tersebut (kebencian, kemarahan, keras hati),
dapat dikalahkan dengan kelembutan, kesabaran dan kebijaksanaan.
Ungkapan Suro Diro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti bila diartikan perhurufnya akan bermakna sebagai berikut. Suro mempunyai arti keberanian, diro berarti kekuatan atau kemampuan, jaya berarti keberhasilan atau kejayaan, ningrat berarti pemerintahan, lebur berarti hancur, dening berarti oleh, dan pangastuti berarti kasih sayang/lemah lembut. Apabila pengartian perkata ini disambung maka akan berarti keberanian, kekuatan, kejayaan yang didukung oleh pemerintahan akan hancur dengan kasih sayang dan kelemah lembutan.
Dalam serat ini ditunjukkan bahwa ada dua subjek yakni Citrasoma sebagai pemerintah dan orang yang lebih berkuasa dengan Nyai Pamekas sebagai pihak yang lebih lemah dari Citrasoma. Sebagai pihak yang lebih lemah seorang Nyai Pamekas tidak mampu menandingi keberanian (Suro) dan kemampuan (Diro) dari Citrasoma, Nyai Pamekas hanya mampu menolak secara halus ajakan Citrasoma untuk berzina. Citrasoma berani melakukan ajakan tersebut karena keberanian dan kemampuannya didukung oleh kejayaan pemerintahan. Dalam keterdesakan, Nyai Pamekas mampu menemukan jalan Pangastutinya yakni dengan memberi tantangan sebagai siasat untuk menyadarkan Citrasoma.
Kisah tersebut mempunyai korelasi dengan kehidupan Ronggowarsito yang berkonflik dengan pemerintahan. Ronggowarsito sebagai pejabat internal tidak mampu melawan dengan kontras kebijakan Keraton. Kesimpulan itu diambil karena intrik Keraton yang sudah terlalu kompleks dan kedudukannya yang diluar kemampuan. Karena tidak mampu melawan secara frontal maka Ronggowarsito melawan dengan sastra. Karya-karya Ronggowarsito banyak yang berisi sindiran dan kritik terhadap pemerintah. Karena dianggap mampu membangkitkan perlawanan massa, maka Belanda mencari siasat untuk melawan Ronggowarsito dengan menghasut pihak Keraton untuk memusuhi Ronggowarsito. Perlawanan Ronggowarsito melalui sastra merupakan jalan pangastuti Ronggowarsito dalam melawan suro Diro Jayaningrat Keraton.
Ungkapan Ronggowarsito tersebut dapat disimpulkan bahwa skema revolusi Islam bersifat landai dan bertahap. Aksi massa dan gerakan struktural yang sampai saat ini digadang-gadang sebagai senjata mahasiswapun dianggap sudah usang. Revolusi 65 dan 98 memberitahu kepada kita bahwa banyak elit politik yang bergerak memanfaatkan massa untuk melancarkan misi politiknya. Hingga sekarang di era pasca reformasi pun banyak aksi-aksi massa yang digerakkan oleh elit penguasa, banyak organisasi pergerakan yang bersedia duduk di meja makan bersama pemerintah. Untuk itu suro diro joyoningrat tidak dapat dilawan dengan sekedar upaya suro diro, namun perlu pangastuti untuk menggerakkan perlawanan.
Wallahu ‘alam bisshawab.
Ditulis saat Dauroh Marhalah 2 KAMMI Daerah Kota Yogyakarta