Lombok Dilanda Banjir Bandang Hingga Warga Diungsikan, Berikut Kabar Terbaru

KORANPENELEH.ID – Lombok, Nusa Tenggara Barat dilanda banjir sejak (6/12). Varian debit air di beberapa daerahnya masuk dalam kategori banjir bandang dan juga debit sedang.
Tercatat sejumlah daerah yang dilanda banjir, yakni, kecamatan Batu Layard dan Gunung Sari, Lombok Barat, kemudian Kecamatan Jerowaru dan Pringgabaya, Lombok timur, dan juga daerah Kecamatan Pujut, Lombok Tengah spesifiknya di desa Kute dan sekitarnya.

Dari hasil wawancara dan kunjungan jurnalis koranpeneleh.id di beberapa tempat di atas, disimpulkan kategori banjir bandang sendiri melanda dua kecamatan Batu Layar dan Gunung Sari.

Akibat banjir ini, jembatan yang menyambungkan Kota Mataram dan objek wisata Senggigi yang juga merupakan jalur tembus Kabupaten Lombok Utara nyaris ambruk karena tidak kuat menahan laju banjir bandang.

Selain itu beberapa jalur penyambung antar kabupaten masih tergenang air. Tidak jarang kendaraan, baik mobil dan motor mati akibat genangan terlalu tinggi dan tidak kehati-hatian pengendara.

Penanganan terus dilakukan sejak Ahad (5/12), oleh pemerintah BPBD dan juga lembaga swadaya yang berfokus pada penanganan bencana yang bergerak di daerah Lombok.

Tidak ketinggalan organisasi, komunitas, gerakan kemanusiaan kelompok masyarakat membantu dalam penanganan bencana ini. Kemudian, pelajar ikut serta dalam gerakan galang dana, baik secara online maupun offline.

Pantauan cuaca hujan sampai dengan saat ini masih terus dilakukan. Relawan-relawan yang berada di posko pelayanan korban dan daerah bencana sampai saat ini Sabtu (11/12) masih belum dapat ditarik akibat cuaca yang kerap hujan.

Maka dari itu, kami menyerukan untuk semua masyarakat Indonesia. Melihat bencana yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, mari saling bahu membahu membantu yang terkena bencana demikian yang terdampak dengan gerakan doa dan aksi (DONASI) melalui Aktivis Peneleh. Cukup kirimkan, donasi terbaikmu ke :
NO Rek. 7062100510
BTN Syariah a.n. Yayasan Rumah Peneleh
Masukan kode donasi 004

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.