Membaca Indonesia ala Aktivis Peneleh melalui Dialog Bareng Tokoh #1

Malang, 04 Juni 2021 – Aktivis Peneleh akan menggelar acara perdana Dialog Bareng Tokoh. Acara yang akan diselenggarakan pada 13 Juni 2021 mencoba membaca Indonesia dan hubungannya dengan Cina (Tiongkok) melalui pertemuan daring.

Cina (Tiongkok) yang sedang bangkit ini, mengonfirmasi data empiris yang dipaparkan Acemoglo dan Robinson, Francis Fukuyama, maupun Jared Diamond bahwa dominasi Barat secara ideologi ekonomi dan politik.

Kebangkitan serupa pun pernah ditunjukkan Indonesia sebagai momentum yang dikenal dengan reformasi.

Kebangkitan Cina (Tiongkok) ini ditandai dengan adanya Jalur Sutra Baru (New Silk Road) yang dapat dilacak berdasarkan temuan Parag Khanna dan Peter Frankopan, dan lainnya.

Di dalam negeri, pemberitaan yang berhubungan dengan Cina, misalnya masuknya warga negara Tiongkok menjadi tenaga kerja di Indonesia kerap menyita perhatian publik. Sehingga pemerintah yang sedang berkuasa diduga sangat mendukung Cina.

Dalam rangka mencari dan mendialogkan potensi kebangkitan Cina dan hubungannya dengan Indonesia itulah, Aktivis Peneleh mengangkat tema “New Silk Roads dan Hubungan Indonesia-China” yang akan dibicarakan bersama seorang tokoh, yakni:

Dr. Aji Dedi Mulawarman
(Ketua Dewan Pembina Yayasan Peneleh Jang Oetama)

Untuk mengikuti agenda tersebut, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan http://Bit.ly/DiskusiAktivisPeneleh

Bila kalian merupakan Aktivis Peneleh, pastikan menjadi bagian dari diskusi menarik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *